Minggu, 11 September 2011

Gunung Meletus


Kebiasaan menyalahkan alam sebagai penyebab terjadinya bencana haruslah dihentikan sebab memang tidak sedikit bencana yang disebabkan oleh ulah manusia.

Pendapat tersebut seperti yang disampaikan oleh Nur Yasin, Ketua Badan Pekerja Regulasi Hijau Fraksi PKB DPR RI dalam satu diskusi di Jakarta, Minggu (31/10) kemarin.

Dia berbicara hal tersebut memang sesuai fakta. Nyatanya, kerusakan lingkungan Indonesia yang sedemikian parah terjadi akibat ulah manusia dan akibat kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada lingkungan.

“Ini juga didukung oleh mentalitas penegak hukum yang letoy terjadap pelaku kerusakan hutan,” jelas Nur Yasin.

Nur Yasin berpendapat ada setidaknya 3 perusahaan yang secara aktif ikut mempercepat proses kerusakan lingkungan, yakni perusahaan tambang, perusahaan perkebunan, dan pemegang konsesi hutan.

“Ironisnya mereka mendapat dukungan oknum pemerintah dan penegak hukum, mulai dari level terendah hingga paling atas,” jelasnya.

Oleh karena itulah untuk mencegah berlanjutnya kerusakan lingkungan, yang pada akhirnya mengundang bencana, dibutuhkan kemauan baik dan ketegasan sikap dari pemerintah.

“Saat ini masyarakat menunggu apakah Pemerintah ebrani mengambil tindakan strategis dan bila perlu ekstrem untuk menghentikan bencana beruntun atau berpangku tangan membiarkan satu- persatu warganya melayang terkena murka alam,” tutup pria yang juga anggota komisi VII DPR RI ini.

Popularity: 4%

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar