Minggu, 11 September 2011

TORNADO di Amerika Serikat

Foto Tornado Amerika Serikat. Tornado yang terjadi di Amerika Serikat tepatnya di Carolina selatan pada Sabtu (16/4) malam waktu setempat telah menelan korban jiwa. Setidaknya kini korban tewas mencapai 45 orang, 80 lainnnya cedera dilarikan rumah sakit di Greeville.

Memang selama tiga hari terakhir ini wilayah selatan Amerika Serikat berturut-turut diterjang angin puting beliung yang menyebabkan korban jiwa. Badai mematikan sebelumnya pernah terjadi pada 2008. Ketika itu tornado menghantam wilayah selatan dan Ohio Valley menyebabkan 57 orang meninggal.

Sebelumnya Badai tornado dimulai pada Kamis, 14 April malam waktu setempat di Oklahoma. Badai tersebut meluluhlantakkan kota kecil Tushka yang hanya berpenduduk 350 jiwa. Sebagian besar rumah-rumah warga di kota tersebut hancur. Begitu pula dengan toko-toko. Dua orang tewas di kota tersebut.

Amukan tornado meluas pada Jumat, 15 April waktu setempat ke Arkansas, Georgia, Mississippi, Alabama dan North Carolina. Setelah itu tornado menghantam Virginia pada Sabtu, 16 April malam waktu setempat.

Ini merupakan salah satu bencana dahsyat yang menimpa wilayah itu. Kerusakan juga tidak hanya terjadi pada rumah. Mobil, truk dikabarkan terbakar usai diterjang tornado, sedangkan pesawat tampak terbengkalai di landasan pacu pada bandara setempat.


Pasokan listrik juga dikabarkan terputus, menyebabkan 200 ribu warga North Carolina hidup dalam kegelapan. Tornado tampak merubuhkan tiang listrik, pohon yang berada di sekitar North Carolina.

Tornado pun menerjang 13 negara bagian lain, termasuk Virginia yang telah merusak 177 bangunan yang dikabarkan rusak berat akibat badai yang disertai pusaran angin kencang ini.


Sempat muncul kekhawatiran bahwa pembangkit listrik tenaga nuklir Virginia menderita kerusakan akibat badai tornado. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, tidak ada kebocoran radiasi yang terjadi dari PLTN Virginia tersebut.

Korban juga berjatuhan di beberapa negara bagian, termasuk 23 orang tewas di Kota Raleigh di North Carolina, empat di Virginia, tujuh di Alabama, dua di Oklahoma, tujuh di Arkansas, dan satu di Mississippi. Kini tim penyelamat sibuk mencari korban yagn kemungkinan tertimbun bangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar